Proses pembuatan illustrasi kartun vector

      


sselama saya buat vector banyak yang terkejut mendengat harga satu buah vector. ada yang nego keras dan ada yang langsung kabur,,, hahah walaupun banyak juga yang udah tau harga pasaran vector itu berapa jadi lebih siap batin dan mental :D

   costumer : harga satunya berapa ?
   saya : 80 rb per setengah badan atau 95 rb untuk full body
   costumer : mahal amat gan, itu udah sekalian sama bingkainya ya ?
   saya : belum gan, cuma file vectornya saja.
   costumer : heheh, mahal ya gan, nnti ane kabari lagi ya..(kabur) 

       hahaha, itu mah udah biasa sama saya, gak saya pikirin juga, mungkin si agan tadi belum tau proses pembuatan vector itu gimana dan kenapa proses pengerjaannya 2 hari lebih (tergantung setiap creator juga sih, tapi saya berusaha kasih detail yang terbaik disetiap vector yang saya bikin.

yuk kita mulai dari tahap pertama

  • tahap pertama kita postrize dulu foto aslinya, tujuan postrize adalah untuk memperjelas bagian-bagian foto yaitu bagian shadow, highlight, dan bagianterang di wajah sehingga saya bisa buat garis di perbatasan setiap warna yang berbeda.



    • tahap kedua yang paling memakan banyak waktu sampe 2 hari dan membutuhkan ketelitian yang tinggi dan sedikit imajinasi,, hihhi di tahap ini saya sering kelilipan karena terlalu lama natap monitor tanpa ngedip, fokus gitu ceritanya haha
    • ditahap ini saya garis satu persatu semua warna yang ada di foto itu sehingga mementuk kurva, sampe warna yang kecil sekalipun tetep di garis, yang pertama di kerjakan yaitu mata, hidung dan mulut dulu dan harus di buat sedetail mungkin karena letak kemiripan seseorang itu ada situ. Selesai tiga bagian lanjut ke bagian wajah yang gak kalah rumitnya, kita harus ngelompokin dalam satu grup semua warna yang sama di wajah. namun semakin banyak garis yang mewakili setiap warna semakin mirip pula vectornya dan jika dirasa setiap kurva sudah mewakili setiap warna baru kita lanjut ke tahap ketiga



  • ditahap ini gue kasih warna bagian mata, hidung dan mulutnya terlebih dahulu, kenapa ? agar kita tahu apakah vector yang kita buat sudah mirip atau belum karena kita dapat mengetahuinya hanya dengan mewarnai 3 bagian ini saja dulu, jika belum, kita bisa langsung perbaiki ketiga bagian tersebut. oh iya warna yang gue pakai mengacu pada warna foto yang sudah di postrize tadi ya. jika menurut gue vectornya sudah cukup mirip lanjut ke tahap selanjutnya



  • tahap ini kita kerjakan pewarnaan wajah, sama seperti mata hidung dan mulut, warna bagian wajah juga mengacu pada foto yang sudah di postrize. setiap kurva mempunya warna yang berbeda-beda lalu gue kelompokkan kedalam satu grup kurva-kurva yang mempunya warna yang sama, itu bertujuan untuk mempermudah gue untuk mengganti warna karena sekali ganti warna, warna kurva yang ada dalam grup tersebut terganti semua.

NEXTTT.......

  • lanjut ke bagian pewarnaan kerudung. beri warna kerudung sesuai shadow, highlight dan bagian terangnya, gue bisanya kalo kerudung polos gitu cuma pakai satu warna, jika pakai warna biru ya biru semua, nah untuk bagian shadow, highlight dan bagian terangnya gue pakai warna yang sama namun dengan tingkat kecerahan dan kegelapan yang berbeda-beda.

  • Hampir jadi, lalu kita hilangkan semua garis yang mengelilingi setiap warna, dan jadinya tadaaaaaaa....sudah lumayan mirip kan kan kan ? hahah. Tapi warna kulitnya belum manusiawi sob.


  • tahap yang hampir mendekati akhir, yaitu penghalusan warna agar lebih sesuai dengan foto asli, tahap ini juga memakan banyak waktu karena kita sesuaikan warna-warna kurva yang segaban banyakknya agar sama dengan foto asli.

  •  kita perhalus warna dangan sedikit mentranparankan warna-warna gelap dengan tranperancy tool sehingga perbedaanya dengan warna foto asli tidak terlalu mencolok

nah,, udah buaguuus kannn,,,
dan sampailah kita pada tahap akhir yang membuat gue sangat-sangat lega yaitu FINISHINGGGGGG!!!!

  • kita beri backround untuk mempercantik vector yang telah kita selesaikan, dan alhamdulillah satu vector sudah jadi,



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kumpulan vector versi Rifvisual

Banner untuk Perusahaan versi Rifvisual